Agro Wisata Berita/Artikel Potensi Wisata Wisata Alam Wisata Bahari Wisata Budaya Wisata Kuliner

Mangrovesari Pandansari Brebes

 

Desa Wisata Mangrove Pandansari (Dewi Mangrove Sari) adalah hasil dari semangat warga masyarakat dalam melawan abrasi sehingga 10 tahun tertanam lebih dari 210 Ha hutan mangrove untuk mencegah abrasi. Dari hasil peneneman dan rehabilitasi mangrove muncul potensi pengembangan untuk Wisata Mangrove. Disamping potensi hutan bakau potensi lain adalah untuk Olahraga Air (Surfing, Layar, Sky Air, Kano, Dayung, Mancing mania) sementara potensi sand island atau pulau pasir sangat asyik untuk melihat matahari terbenam. Aktivitas nelayan pencari ikan, udang, kerang juga menjadi pemandangan unik perjalanan menuju pulau pasir, selama perjalanan akan diikuti oleh lompatan ikan-ikan Blanak disamping kanan kiri perahu serta munculnya ubur-ubur. Aneka kerang juga bisa dicari di lokasi pulau pasir yang panjangnya hampir 10 Km.

Kuliner dan kerajinan khas pesisir menjadi daya tarik menu khas yang berbeda dari daerah lain, dengan makanan yang memiliki sensasi rasa berbeda, batik mangrove dan kerajinan kerang dapat dapat dijadikan buah tangan yang khas serta buah lokal sawo yang memiliki cita rasa unik dibanding sawo daerah lain.

Budidaya perikanan yang yang tidak dijumpai di daerah lain, pembibitan nener, kepiting keramba, kepiting soka / lemburi, rumput laut, kerang darah, kerapu dan kakap jaring apung wisata pembelajaran serta pemberian makanan pada ikan dan kepiting soka serta proses budidaya merupakan pengalaman unik,
Tracking mangrove sepanjang 1 Km. menara pantau burung, Gazebo untuk menikmati sunset, dan dermaga apung. rencana kedepan adalahHutan pesisir selain mangrove, pertanian organik, taman kupu-kupu, taman edukasi ekosistem pesisir, centra kerajinan kerang dan batik mangrove, Pembibitan mangrove/Nursey. Joglo mangrove sebagai mangrove Information Center

  • Jambore mangrove adalah event kegiatan yang dilakukan bersama mahasiswa UMUS dan kelompok masyarakat, mengundang Pramuka (November dan april Tepatnya Hari menanan dan hari Bumi) dengan di Ikuti pelajar tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa di Lingkungan Kab. Brebes.
  • Rajah Bumi dan Air. Upacara/ ritual dengan pembacaan kidung dan doa keselamatan untuk masyarakat pesisir di sampaikan kepada Sang Maha Pencipta dengan diiringi lantunan musik jawa dan pasundan.
  • Festival Desa Pesisir. Event yang di adakan oleh masyarakat pesisir 14 desa yang ada di kabupaten Brebes dan tidak menutup kemungkinan dari desa-desa lain yang tertarik ikut berkolaborasi dibidang seni pesisiran, hasil karya kerajinan dan adat istiadat, pameran kuliner pesisiran pentas budaya pesisiran dll.
  • Merta Bumi Sedekah Bumi. Ungkapan rasa syukur masyarakat di sektor pertanian kepada Tuhan YME serta penghormatan terhadap BUMI pertiwi dengan upacara ritual serta oementasan wayang.
  • Sedekah laut atau picuan upacara upacara pesta dan ritual para nalayan sebagai ungkapan terimakasih atas berkah dan rejeki dari Tuhan YME serta penghormatan kepada laut sebagai tempat mencari nafkah.(pelaksanaan Minggu dengan Hiburan dari berbagai Daerah)
  • Mangrove Education (Paket Wisata Pelajar untuk belajar tentang budaya masyarakat lokal dan ekosistem mangrove)

Beri Komentar

LOMBA FOTO BEST

DITUTUP !!!

(berakhir pada 27 Nopember 2017)

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT DAFTAR

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu