Pojok Ilmu

Apa Itu Sadar Wisata & Sapta Pesona ?

 

Juru gambar : Slamet Riyadi

Kegiatan Aksi Sadar Wisata, salah satu peran aktif masyarakat sebagai tuan rumah yang baik

SADAR WISATA
Sadar Wisata dapat didefiniskan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan Partisipasi dan Dukungan Segenap komponen masyarakat dalam mendorong Terwujudnya Iklim yang kondusif bagi tumbuh berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah. Dalam konteks pengertian tersebut, maka gerakan Sadar Wisata dapat dijabarkan :
Pertama, Gerakan untuk menumbuhkan kesadaran dan peran seluruh komponen masyarakat dalam perannya sebagai tuan rumah (host) untuk menerapkan dan mewujudkan Sapta Pesona yang didalamnya meliputi unsur-unsur : aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.
Kedua, gerakan untuk menumbuhkan motivasi, kemampuan dan kesempatan bagi masyarakat dalam perannya sebagai wisatawan (guest) untuk mengenali dan mencintai tanah air.

Kebersihan merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam membangun sektor kepariwisataan di dalam suatu wilayah/daerah

SAPTA PESONA
Sapta Pesona merupakan jabaran konsep SADAR WISATA, khususnya yang terkait dengan dukungan dan peran serta masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasan kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata, melalui perwujudan unsur aman, tertib, bersih,sejuk, indah dan unsur kenangan.

UNSUR – UNSUR SAPTA PESONA
(1) Aman, daerah tujuan wisata yang memberikan rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
(2) Tertib, suatu kondisi lingkungan dan pelayanan di destinasi pariwisata / daerah tujuan wisata yang mencerminkan sikap disiplin yang tinggi dan profesional, serta kualitas fisik dan layanan yang teratur maupun efesien sehingga memberikan rasa nyaman bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
(3) Bersih, kualitas produk dan pelayanan di destinasi pariwisata / daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang bersih dan sehat / higienis sehingga memberikan rasa nyaman dan senang bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
(4) Sejuk, Destinasi pariwisata / daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang sejuk dan teduh yang akan memberikan perasaan nyama dan “betah” bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
(5) Indah, destinasi pariwisata / daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang indah dan menarik yang akan memberikan rasa kagum dan kesan yang mendalam bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut, sehingga mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas dan potensi kunjungan ulang.
(6) Ramah Tamah, sikap masyarakat di destinasi pariwisata / wisata yang mencerminkan suasana yang akrab, terbuka dan penerimaan yang tinggi akan memberikan rasa nyaman, diterima dan “betah” (seperti di rumah sendiri) bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
(7) Kenangan, pengalaman yang berkesan yang diperoleh wisatawan di destinasi pariwisata / daerah tujuan wisata yang akan memberikan rasa senang dan kenangan indah yang membekas bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut, sehingga mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas dan potensi kunjungan ulang.

SADAR WISATA MENUJU KESEJAHTERAAN RAKYAT
Makna yang terkandung dalam konsep SADAR WISATA adalah dukungan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangknya kepariwisataan disuatu wilayah. Konsep tersebut telah menempatkan posisi dan peran penting masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan baik sebagai tuan rumah (untuk menciptakan lingkungan dan suasana mendukung di wilayahnya) maupun sebagai wisatawan (untuk menggerakan aktivitas kepariwisataan di seluruh wilayah tanah air, mengenali dan mencintai tanah air).
Sejalan dengan perkembangan paradigma pembangunan yang menekankan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat serta orientasi pembangunan yang mengarah pada 3(tiga) pilar, yaitu : Pro Job (menciptakan lapangan kerja), Pro Poor (menanggulangai dan mengurangi kemiskinan), dan Pro Growth (mendorong pertumbuhan). Maka makna konsep sadar wisata perlu diperdalam agar meningkatkan posisi masyarakat sebagai penerima manfaat yang sebesar-besarnya dari pengembangan kegiatan kepariwisataan.

Beri Komentar

Ajang Pemilihan Sinok Sitong Duta Wisata (PSSDW) Kabupaten Brebes Tahun 2017

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu